Analisis kesulitan belajar membaca permulaan pada anak usia 7 tahun

Authors

  • Rifa Fauziah Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Sima Mulyadi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Edi Hendri Mulyana Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i2.19134

Keywords:

kesulitan belajar, membaca permulaan

Abstract

Membaca permulaan adalah proses membaca tahap awal untuk menguasai kemampuan melek huruf, supaya anak mampu melafalkan, mengubah lambang tertulis menjadi bunyi yang bermakna. Meskipun saat ini masih banyak anak yang menunjukkan kesulitan belajar membaca permulaan. Penyebab kesulitan ini yaitu kurangnya perhatian dan motivasi dari orang tua dan lingkungan sekitar anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti akan mendeskripsikan atau menjelaskan tentang kesulitan belajar membaca permulaan pada anak usia 7 Tahun di Desa Indrajaya Kabupaten Tasikmalaya, Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami oleh siswa ada dua, yaitu kurang mengenal simbol huruf (vokal dan konsonan) dan sulit menggabungkan huruf menjadi kata. Hal tersebut diperkuat dengan adanya wawancara, bahwa faktor penyebab anak belum bisa membaca yaitu terjadi kesalahan atau kurang motivasi dan bimbingan belajar di lingkungan rumahnya sehingga pada saat di lembaga pendidikan anak merasa berat untuk menjalani proses membaca. Kemampuan anak dalam belajar membaca permulaan sangat penting dan sangat berpengaruh pada kemampuan membaca tahap selanjutnya. Dalam setiap pembelajaran pasti ada kesulitan yang dihadapi oleh anak, namun hal tersebut menjadi tugas penting bagi guru, orang tua dan orang dewasa disekitar anak untuk memberikan motivasi dan bimbingan supaya anak mendapatkan setiap haknya untuk menjalakan tugas perkembangannya.

References

Fauziah, N. (2022). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Keterampilan Menulis Permulaan Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(2), 1541–1550. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2346

Gumono, G. (2020). Analisis Bahan Ajar Membaca yang Tersedia Untuk Siswa Sekolah Dasar di Provinsi Bengkulu. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 13(1), 47–57. https://doi.org/10.33369/pgsd.13.1.47-58

Hasanah, A., & Lena, M. S. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang Dihadapi Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3296–3307. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/526

Karaman, J., Setyanto, A., & Fatah Sofyan, A. (2018). Analisis Aplikasi Marbel Huruf Versi Mobile Terhadap Pembelajaran Membaca di Desa Semanding Ponorogo Marbel Letter Application of Mobile Version Analysis to Reading Learning in Semanding Ponorogo Village. Intensif, 2(2), 2549–6824.

Masroah, E., Wahyudi, & Rokhmaniyah. (2020). Analisis Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I (Studi Kasus di SDN Argopeni Tahun Ajaran 2019/2020). Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(3). https://jurnal.uns.ac.id/jkc/article/download/43446/30929

Muzammil, S. (2018). Kesulitan Membaca Pada Anak Penderita Disleksia. JL3T ( Journal of Linguistics, Literature and Language Teaching), 3(1), 106–119. https://doi.org/10.32505/jl3t.v3i1.336

Nuraini, E., Oktrifianty, E., & Fathurrohmah, Y. (2021). Analisis Faktor-faktor Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SD Negeri Poris Pelawad 2. Yasin, 1(1), 88–95. https://doi.org/10.58578/yasin.v1i1.17

Oktadiana, B. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Siswa Kelas II pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 5(2), 143–164. https://doi.org/10.19109/jip.v5i2.3606

Pridasari, F., & Anafiah, S. (2020). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Di Sdn Demangan Yogyakarta. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(2). https://doi.org/10.30738/trihayu.v6i2.8054

Pujiati, D., Aniq, M., Basyar, K., & Wijayanti, A. (2022). Analisis Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Analysis of School Literacy Movement in Elementary School. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 5(1), 57–68.

Sari, T., Yasin, A. F., & Walid, M. (2022). Urgensi Pendidikan Keluarga Dalam Pengembangan Budaya Gemar Membaca Siswa. Jurnal Khazanah Intelektual, 6(1), 1335–1354. https://doi.org/10.37250/newkiki.v6i1.139

Saugadi, Malik, A. R., & Burhan. (2021). Analisis Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Siswa. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran), 4(2), 118–126. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/KIBASP/article/view/1659

Suchyadi, Y. (2022). Analisis Bimbingan Belajar Siswa Berkesulitan Membaca. Journal of Social Studies Arts and Humanities (JSSAH), 2(2), 137–142. https://doi.org/10.33751/jssah.v2i2.7146

Supandi, S. (2006). Analisa Wacana Dan Pengembangan Keterampilan Membaca. Alqalam, 23(3), 471. https://doi.org/10.32678/alqalam.v23i3.1507

Windrawati, W., Solehun, S., & Gafur, H. (2020). Analisis Faktor Penghambat Belajar Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SD Inpres 141 Matalamagi Kota Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 10–16. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.405

Downloads

Published

2024-03-11

Issue

Section

Articles