Penggunaan model cooperative script pada pembelajaran teks prosedur

Authors

  • Chintia Faradila Putri Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Dian Indrihadi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yusuf Suryana Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i2.19186

Abstract

Menulis merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk menuangkan pemikiran. Salah satu contoh teks yang dibuat untuk menuangkan pemikiran yaitu teks prosedur. Dalam melakukan suatu penulisan tentunya terdapat berbagai model penulisan yang bisa kita gunakan. Penelitian kali ini dibuat untuk mengetahui perbedaan apa yang terdapat pada kemampuan pembelajaran teks prosedur setelah menerapkan dan sebelum menerapkan model pembelajaran cooperative script. Metode yang dipilih oleh penulis dalam menyusun penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Dari penelitian kita temukan hasil bahwa model cooperative script memberikan pengaruh yang besar terhadap peningkatan kemampuan pembelajaran teks prosedur. Sehingga bisa kita tarik kesimpulan bahwa terdapat terdapat perbedaan pada kemampuan pembelajaran penulisan teks sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran cooperative script.

Downloads

Published

2024-03-11

Issue

Section

Articles