Penggunaan media pop-up book untuk meningkatkan hasil belajar PKn di sekolah dasar
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v7i4.19239Keywords:
Media Pembelajaran, Pop-Up Book, PKnAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kajian literatur tentang penggunaan media pop-up book untuk meningkatkan hasil belajar PKn di Sekolah Dasar. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kajian literatur. Tahapan penelitian dilakukan mulai dari pengumpulan artikel, reduksi artikel, display artikel, pembahasan, dan kesimpulan. Sumber data penelitian berupa artikel-artikel jurnal nasional dalam 10 tahun terakhir (2019-2020). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 18 artikel didapatkan 10 artikel yang sesuai dengan topik judul. Penggunaan media pop-up book untuk meningkatkan hasil belajar PKn di Sekolah Dasar pada pelaksanaannya sudah sesuai dengan teori-teori yang dijadikan rujukan. Penggunaan media pop-up book untuk meningkatkan hasil belajar PKn di Sekolah Dasar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik di Sekolah Dasar.
Â
References
Adiputra, D. K., & Heryadi, Y. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Holistika:Jurnal Ilmiah PGSD, 5(2), 104–109. jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika.
Erica, S. (2021). Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran PKN Di SD. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 110-122.
Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79.
Hidayati, N., Subekti, E. E., Nursyahidah, F., & Nikmah, U. (2023). Penggunaan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas III D SD Supriyadi Semarang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 125-135.
Irwandi, R. PEMANFAATAN MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKN DI KELAS V MIS LAMGUGOB.
Lestari, D. A., & Fahrurohman, O. (2020). Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Motivasi Belajar Dan Kemampuan Berfikir Kritis Pada Siswa Kelas IV MIN Serang. Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, Vol. 12, No. 02.
Masruroh, AS, Aziz, N., & Firdaus, F. (2023). Penggunaan Media Pop-Up Book Berbasis Komik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas III Mi Ma'arif Kliwonan Wonosobo. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan , 1 (4), 272-278.
Nuranafi, DA, & Rusnilawati, R. (2022). EFEKTIVITAS DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA POP-UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan , 10 (2), 239-260.
Putriningsih, N. K., & Putra, M. (2021). Media Pop-Up Book Berorientasi Pendekatan Saintifik pada Muatan Pelajaran PPKn Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 131-139.
Salsabila, I., & Ninawati, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-up Book Berbasis Kontekstual Muatan Pelajaran PPKN Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogi , 9 (4), 684-694.
Sentarik, K., & Kusmariyatni, N. (2020). Media Pop-Up Book pada Topik Sistem Tata Surya Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 197. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25135
Sholeh, M. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar , 4 (1), 138-150.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan (Research & Development).
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.
Sukmadinata. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rambe, N., Fadli, M., Yazid, M., & Husni, S. (2022). Kajian literatur tentang penggunaan media pembelajaran multimedia interaktif pada siswa di sekolah dasar. Jurnal Sintaksis , 4 (1), 18-30.
Ulfa, M. S., & Nasryah, C. E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pop–Up Book Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 10-16.
Winda, P., Pangestu, W. T., & Malaikosa, Y. M. L. (2022). Pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap hasil belajar siswa kelas v di sekolah dasar. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 6(1), 1-7.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.