Keterampilan menulis teks deskripsi melalui media gambar lambang negara di sekolah dasar

Authors

  • Sifa Hilmia Utami Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Tasikmalaya
  • Dian Indrihadi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Erwin Rahayu Saputra Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i2.19240

Keywords:

writing skills, descriptive text, media images of national symbols.

Abstract

The research was conducted to determine the skills of writing descriptive text through the medium of images of state symbols for elementary school students. The purpose of this study was to describe the influence of media images of state symbols on the skills of writing descriptive texts for class III elementary school students. The research method used in this research is descriptive quantitative. This descriptive-statistical quantitative research uses a pre-experiment research design aimed at making observations in structured research similar to experiments. The results of the study showed that media images of state symbols had an influence on the writing skills of class III students' description texts. This research was conducted in three stages including testing students' writing results before being given treatment (pretest), giving treatment, and testing students' writing results after being given treatment in the form of media images of national symbols. The sample in this study were 17 students. Of the 17 students, 16 students experienced an increase in their skills in writing descriptive text. While 1 person has the same value in both the pretest and posttest.


Penelitian dilakukan untuk mengetahui keterampilan menulis teks deskripsi melalui media gambar lambang negara kelas rendah Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh media gambar lambang negara terhadap keterampilan menulis teks deskripsi kelas III Sekolah Dasar. metode penelitian yang diginakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif. Penelitian kuantitatif statustik deskriptif ini mengginakan desain penelitian Pre-experiment bertujuan untuk melakukan pengamatan pada penelitian terstruktur yang mirip dengan eksperimen. Hasil penelitian menunjukan bahwa media gambar lambang negara memiliki pengaruh terhadap keterampilan menulis teks deskripsi peserta didik kelas III. Penelitian ini dilakukan dengan tiga tahapan diantaranya menguji hasil tulisan peserta didik sebelum diberikan perlakuan (pretest), pemberian perlakuan, dan menguji hasil tulisan peserta didik setelah diberikan perlakuan berupa media gambar lambang negara. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 17 peserta didik. Dari 17 peserta didik, sebanyak 16 peserta didik mengalami peningkatan dalam keterampilan menulis teks deskripsi. Sementara 1 orang memiliki nilai yang sama baik dalam pretest maupun posttest.


References

Alawia, A. (2019). Penerapan Media Gambar Lingkungan Sekitar dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi di Sekolah Dasar. PiJIES: Pedagogik Journal of Islamic Elementary School. 2 (2): 147-158.

Andriyani, Ernyasih, dan Triana Srisantyorini. (2020). Edukasi Adaptasi Perubahan Iklim dalam Perspektif Islam pada Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta (PSKM FKM UMJ). MPHJ: Muhammadiyah Public Heal Journal. 1 (1): 1-10.

Arlyanti, A., Kosasih, E, & Aprilia, S. (2018). Pemilihan Bahan Ajar Cerita Anak berdasarkan Karakteristik Siswa SD. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 5 (1): 221-231.

Dewi, D & Nila Yuniani. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Metode TTW Media Gambar pada Peserta Didik Kelas VII. Jurnal Litbang Kota Oekalongan. 18 (1): 13-19.

Imawati, E. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Teks terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskriptif. E-Jurnal Literasi. 1 (1): 53-63.

Lestari, A & Dian Indihadi. (2019). Penggunaan Media Kartu Huruf dalam Peningkatan Pemahaman Penggunaan Huruf Kapital dalam Menulis Teks Deskripsi. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 6 (1): 16-27.

Maulidah, T. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Media Gambar. KARANGAN: Jurnal Kependidikan, Pembelajaran dan Pengembangan, 2(1), 64-70.

Oetoro, Y. (2012). Refresentasi Figur Burung Gruda yang Digunakan sebagai Lambang negara. Nirmana. 14 (1): 47-64.

Permendikbud No 37 Tahun 2018. Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Sawitri, E. (2011). Peningkatan Keterampilan Menulis Deskipsi melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Gergunung tahun 2011. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. i-12.

Sudaryono, dkk. (2019). Pengaruh Persepsi Kompetensi Dasar Dosen terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. PROGRES Jurnal Pendidikan, Akuntansi, dan Keuangan. 2 (1): 31-46.

Sulfemi, W & Hilda Minati. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 3 SD Menggunakan Model Picture and Picture dan Media Gambar Seri. JPSD. 4 (2): 228-242.

Suparman & Theresia Durang. (2021). Kemampuan Menulis Cerpen melalui Penerapan Media Gambar Berseri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra. 7 (1): 280-294.

Wiarsih, C & Bintaro (2014). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Melalui Metode Penugasan. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 6 (1): 124-134.

Yestiani, D & Nabila Zahwa. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar. 4 (1): 41-47.

Downloads

Published

2024-03-11

Issue

Section

Articles