Penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan keterampilan menulis teks narasi peserta didik di sekolah dasar

Authors

  • Gina Oktaviani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dian Indihadi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yusuf Suryana Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i3.19242

Keywords:

gambar seri, keterampilan menulis, teks narasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kajian literatur tentang penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan keterampilan menulis teks narasi peserta didik di sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kajian literatur. Tahapan penelitian dilakukan mulai dari pengumpulan artikel, reduksi artikel, display artikel, pembahasan, dan kesimpulan. Sumber data penelitian berupa artikel-artikel ilmiah dari jurnal nasional yang terbit pada tahun 2014-2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 15 artikel didapatkan 10 artikel yang sesuai dengan topik judul. Penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan keterampilan menulis teks narasi peserta didik di sekolah dasar pada pelaksanaannya sudah sesuai dengan teori-teori yang dijadikan rujukan. Penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan peserta didik menulis teks narasi di sekolah dasar.

References

Abidin, Ramadhan. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Seri Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar. 4 (1), 23-30.

Arifudin O. (2018). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Terhadap Produktivas Kerja Tenaga Kependidikan STIT Rakeyan Santang Karawang. MEA (Manajemen, Ekonomi & Akuntansi), 2(3), 209-218).

Arifudin, O. (2020). Psikologi Pendidikan (Tinjauan Teori dan Prkatis). Bandung: Widina Bhakti Persada.

Fatmawati, dkk. (2014). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi. Didaktika Dwija Indria. 2(9), 1-4.

Fauzi, Sukidi, (2019). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas III SDN Kebaron I Tulangan Sidoarjo. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 6 (13), 2458-2467.

Hapsari, S. N. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Kemampuan Menulis Narasi. 2(2). 151-170.

Husain. (2015). Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Karangan Narasi Melalui Media Gambar Seri di Kelas IV SDN 5 Bilahu Kabupaten Gorontalo. Jurnal Kependidikan. 12(1).

Keraf, Gorys. (2007). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kurniawan, D., A. (2020). Penggunaan Media Belajar Monopoli Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal JRPP, 3(1), 10–15.

Masriani. (2013). Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi dengan Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas V SD DDI Cabang Parigi. 6 (2) 21- 30.

Musfiratun, Bana. (2013). Peningkatan Menulis Karangan Melalui Pendekatan Konstektual Dengan Media Gambar Seri. Skripsi. UNS Semarang: Tidak Diterbitkan.

Musyaddad, dkk. (2021). Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia. 2 (1), 10-18.

Nutabonis. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Penggunaan Media Gambar Seri. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 6(7), 723-731.

Sadiman, A. dkk. (2006). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Semi, M. Atar. (2007). Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Sidik, M. (2018). Peningkatan Pembelajaran Menulis Karangan Narasi Melalaui Gambar Berseri Siswa Sekolah Dasar. 1(27), 39-48.

Subandi, A. U., Satrijono, H., dan Suhartiningsih. (2014). Meningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Sugestif dengan Menggunakan Media Gambar Seri Siswa Kelas V SDN Arjasa 02 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013. 1 (1) 1-24.

Sugiharti, Wulandari. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas VA Dengan Menggunakan Media Gambar Seri Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDIT Ad-Damawiyah Cibitung. Pedagogik. 5 (2), 1-12.

Tarigan. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wibowo, dkk. (2020). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran. 3 (1), 51-57.

Yusuf, Muhammad. (2019). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. 1, 383-389.

Downloads

Published

2024-05-27

Issue

Section

Articles