Pengaruh media cup perkalian (CUPPER) terhadap kemampuan fakta dasar kali siswa kelas II SD

Authors

  • Desi Lisnawati Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Karlimah Karlimah Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Ika Fitri Apriani Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i2.19256

Keywords:

Cup Perkalian, Kemampuan Fakta Dasar Kali, Materi Perkalian

Abstract

Pembelajaran matematika memiliki konsep ataupun topik yang saling berkaitan satu sama lain, dimana hal tersebut sebagai dasar untuk dapat menguasai konsep ataupun topik selanjutnya. Akan tetapi, pembelajaran matematika terutama pada materi perkalian dianggap oleh sebagian siswa merupakan pembelajaran yang sulit dan membosankan. Hal ini juga terlihat bahwa siswa belum menguasai konsep atau topik ini, sehingga pembelajaran matematika pada materi perkalian belum dapat terlaksana seperti yang diharapkan. Dalam hal ini perlu adanya upaya untuk meningkatkan mutu pelajaran pada materi perkalian. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan media cup perkalian. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media cup perkalian terhadap kemampuan fakta dasar kali siswa kelas II SD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi experimental dengan desain menggunakan nonequivalent control group design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan media cup perkalian lebih besar daripada siswa yang tidak menggunakan media cup perkalian. Hal tersebut dapat dibutikan pada kelas eksperimen nilai rata-rata pretest 52,17 dan kelas kontrol 45,22. Untuk nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 88,70 dan kelas kontrol yaitu 71,30. Selisih nilai posttest dengan nilai pretest kelas eksperimen 36,53 dan kelas kontrol 26,08, maka dapat disimpulkan bahwa 36,53 > 26,08. 

References

Afifah, H. N., & Fitrianawati, M. (2021). Pengembangan Media Panlintarmatika (Papan Perkalian Pintar Matematika) Materi Perkalian Untuk Siswa Sekolah Dasar. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 41–47. https://doi.org/10.24176/wasis.v2i1.5785

Basuki, S. W. (2022). Pengaruh media papan perkalian berbasis metode montessori terhadap pemahaman konsep perkalian siswa kelas ii b di sdi plus muhajirin. repository.unissula.ac.id.

Huda, M., & Mutia, M. (2017). Mengenal Matematika dalam Perspektif Islam. FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan, 2(2), 182. https://doi.org/10.29240/jf.v2i2.310

Humaero, I., Riwanto, M. A., & Sholikhah, L. D. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Melalui Media Papan Napier Kelas III di SD Negeri Kalisabuk 03 Tahun 2019. Jurnal PANCAR, 3(2), 303.

Ida Safitri, & Putri, E. (2019). Pengaruh Pembelajaran Diagram Roundhouse Disertai Modul Terhadap Kemampuan Kognitif Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Vol. 6, No, 765–771.

Junaedi, E. (2013). Pengaruh Modul Elektronik Berbasis Mobile Learning. 15.

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). MANFAAT MEDIA DALAM PEMBELAJARAN. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, Vol 7, No, 91–96. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778

Kurniawati, L. N. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perkalian Menggunakan Papan Perkalian. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 113–119. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.52

Luh, N., & Ekayani, P. (2021). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, March, 1–16. https://www.researchgate.net/profile/Putu-Ekayani/publication/315105651_PENTINGNYA_PENGGUNAAN_MEDIA_PEMBELAJARAN_UNTUK_MENINGKATKAN_PRESTASI_BELAJAR_SISWA/links/58ca607eaca272a5508880a2/PENTINGNYA-PENGGUNAAN-MEDIA-PEMBELAJARAN-UNTUK-MENINGKATKAN-PRESTASI-

Maulyda, M. A. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM (Issue January). CV. IRDH MALANG.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

Nursofia Zain, B. R., Saputra, H. H., & Musaddat, S. (2022). Analisis Kesulitan Memahami Perkalian 1 Sampai dengan 10 Siswa Kelas 2 SDN 3 Loyok Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1429–1434. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.788

Suryaman, M. (2010). Media Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Teni Nurrita. (2018). Kata Kunci :Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 03(01), 171. https://media.neliti.com/media/publications/271164-pengembangan-media-pembelajaran-untuk-me-b2104bd7.pdf

Wahyuni, R. S., Tanzimah, T., & Ida, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Papan Perkalian Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iii Sd Negeri 05 Sembawa. Js (Jurnal Sekolah), 6(3), 11. https://doi.org/10.24114/js.v6i3.35059

Downloads

Published

2024-03-11

Issue

Section

Articles