Pengaruh Media Pembelajaran Dongeng Berbasis Aplikasi Terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Peserta Didik

Authors

  • Delia Marwah Azizah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dian Indrihadi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Erwin Rahayu Saputra Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i2.19258

Keywords:

Teks fabel, dongeng, aplikasi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena Covid-19. Dimana hampir seluruh aspek kehidupan terganggu, salah satunya dalam aspek pendidikan. Semua sarana pendidikan harus melakukan pembelajaran dari rumah atau pembelajaran jarak jauh (PJJ). Pembelajaran jarak jauh dilakukan dengan berbatuan media berbasis teknologi seperti laptop dan handphone. Dimana dalam media tersebut dapat mengakses sebuah ruang belajar seperti zoom, google meet, google classroom, dan sebagainya. Namun, dalam penggunaan ruang belajar online tersebut peserta didik maupun pendidik masih belum terbiasa. Karena biasanya dalam proses pembelajaran tidak menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi. Sehingga dengan adanya peristiwa tersebut menjadi titik balik pentingnya dalam menguasai teknologi. Salah satu keterampilan yang harus dimiliki peserta didik yakni keterampilan menulis. Dimana dengan menulis, peserta didik dapat meningkatkan keterampilan berfikir kritis (salah satu keterampilan yang harus dimiliki pada abad ke-21). Selain itu, penelitian ini juga dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis pada peserta didik, dikarenakan keterbatasan media pembelajaran yang kurang menarik. Maka dari itu, tujuan yang ingin didapatkan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran dongeng berbasis aplikasi sebagai salah satu media pembelajaran berbasis teknologi terhadap keterampilan menulis teks fabel peserta didik.  Metode yang digunakan adalan kuantitaif.

References

Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131-146.

Andayani, Y. (2018). Harapan dan tantangan implementasi pembelajaran ipa dalam konteks kompetensi keterampilan abad 21 di sekolah menengah pertama. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1).

Budhyani, I. D. A. M., & Angendari, M. D. (2021). Kesulitan dalam Menulis Karya Ilmiah. Mimbar Ilmu, 26(3), 400-407.

Marliana, R., & Indihadi, D. (2020). Teknik brainstorming pada model pembelajaran menulis teks narasi. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 109-115.

Savitri, K. T. L., Nurjaya, I. G., & Yasa, I. N. (2022). Kemampuan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri 2 Seririt. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 12(4), 459-468.

Suharsimi, A. (2006). metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.

Mathar, M. (2013). Metode penelitian kuantitatif untuk ilmu perpustakaan.

Jaedun, A. (2011). Metodologi penelitian eksperimen. Fakultas Teknik UNY, 12.

Krishnan, P. (2022). A review of the non-equivalent control group post-test-only design. Nurse researcher, 30(3).

Downloads

Published

2024-03-11

Issue

Section

Articles