Penggunaan pendekatan realistic mathematics education untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bangun datar di kelas IV sekolah dasar
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v7i5.19307Keywords:
Bangun Datar, Kemampuan Pemahaman Konsep, Realistic Mathematics Education.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep bangun datar siswa kelas IV SD yang menggunakan pendekatan realistic mathematics education lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran biasa, kesulitan siswa dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bangun datar serta kesulitan guru dalam memberikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan realistic mathematics education dalam penelitian. Metode penelitian menggunakan mix methods dengan desain sequential explanatory design. Lokasi penelitian dilaksanakan di SD Negeri Barukai. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A sebanyak 20 siswa sebagai kelas kontrol dan siswa kelas IV B sebanyak 20 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes (pretest dan posttest), lembar angket, observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil perhitungan uji N-Gain pada kelas eksperimen diperoleh score 0,55 sedangkan pada kelas kontrol 0,33. Kesulitan siswa dalam mengerjakan soal pada beberapa indikator kemampuan pemahaman konsep dan kesulitan guru dalam memberikan pemahaman kepada sebagian siswa yang belum bisa memahami pembelajaran yang berkaitan dengan permasalahan dikehidupan sehari-hari. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan realistic mathematics education dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas IV SD dan tidak terdapat kesulitan siswa dan guru yang signifikan karena dapat teratasi dengan baik.
References
Alpian, Y., Wulan, A. S., Wiharti, U., & Nizmah, M. S. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusisa. Jurnal Buana Pengabdian, 8(5), 55.
Ananda, R. (2018). Penerapan Pendekatan Realistics Mathematics Education (Rme) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 125–133. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.39
Ardiniawan, D. Y., Subiyantoro, S., & Kurniawan, S. B. (2022). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education ( RME ) Siswa SD Se-Kecamatan Pacitan. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 4(April), 607–613.
Azilah, R. N. (2019). Penggunaan Pendekatan Realistic Mathematics Education ( Rme ) Dalam Peningkatan Pemahaman. Jurnal JPSD, 3869(x), 1–7.
Chintya, R. J. (2019). Pengaruh Model Problem Baed Learning (PBL) Berbantuan Permainan Find and Solve Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Teori Krulik Rudnick Pada Materi Bangun Datar Kelas IV di SD Negeri Serua Indah 02.
Dayulia, D., & Murni, S. (2022). Pembelajaran Daring pemahaman Konsep Pecahan Siswa SD Kelas III Menggunakan Pendekatan RME. … Students Elementary Education), 05(04), 766–774. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/7365%0Ahttps://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/viewFile/7365/3496
Huzaimah, P. Z., Amelia, R., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., Tengah, C., Cimahi, K., & Barat, J. (2021). Hambatan yang Dialami Siswa Dalam Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19.
Ikasari, Y. (2017). Profil Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Bangun Datar Segiempat Melalui Pendekatan Kontekstual. 01(08), 1–10. http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2017/2ffe5aae26b1ff9ce0d0d518e403fce2.pdf
Indraningtias, D. A., & Wijaya, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Materi Bangun Ruang Sisi Datar Beorientasi pada Kemampuan Berpikir Kritis Siwa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(5), 24–36.
Kristanti, F., & Isnarto. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Android. Seminar Nasional Pacasarjana, 618–625.
Lidia. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Segitiga dan Persegi Panjang dengan Menggunakan Media Realia di Kelas III MIN 26 Aceh Besar.
Manurip, C., Suwetja, I. G., Akuntansi, J., Ekonomi, F., & Ratulangi, U. S. (2022). Analisis Pemahaman Dan Persepsi Etis Dari Sisi Konsultan Pajak Tentang Penghindaran Pajak Aktif Dalam Bentuk Tax Avoidance Dan Tax Evasion ( Studi Pada Konsultan Pajak Di Kota Bitung Dan Manado ) Analysis Of Understanding And Ethical Perceptions From The . 5(2), 1–2.
Purwadewi, R., & Ruqoyyah, S. (2021). Kemampuan Pemahaman pada Materi Bangun Datar untuk Siswa Kelas II di Sekolah Dasar melalui Metode Inkuiri Berbantuan Media Kertas Lipat. Collase: Creative of LEarning Students Elemntary Education, 04(01), 9–15.
Rosmawati, R. R., & Sritresna, T. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Self-Confidence Siswa pada Materi Aljabar dengan Menggunakan Pembelajaran Daring. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 275–290. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1261
Rusmiati, & Ruqoyyah, S. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Kelas II SD pada Materi Mengkur Berat dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education. Journal of Elementary Education, 4(1), 31–40.
Setiawan, N. U. R. W., Pendidikan, J., Madrasah, G., Tarbiyah, F., & Ilmu, D. A. N. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Melalui Metode Make a Match Berbantu Media Gambar Pada Siswa Kelas IV MI Gubug Cepogo Tahun Ajaran 2016/2017.
Subagyo, A. (2020). Aplikasi Metode Riset: Praktik Penelitian Kualitatif, Kuantitatif & Mix Methods (Issue June).
Sumarni, Y. (2018). Matematika dalam Ilmu Manajemen. Education, 1, 11–24.
Wansurni, D., Syamsuddin, N., & Susanti, S. (2022). Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education SMP. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 5(2), 57. https://doi.org/10.29300/equation.v5i2.7356
Yuliani, E. N., Zulfah, Z., & Zulhendri, Z. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Kuok. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 91–100. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.51
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.