Pengaruh penggunaan media fishbone diagram terhadap keterampilan menulis teks eksposisi hortatori peserta didik kelas IV SDN 1 Cigembor

Authors

  • Septi Rishayatin Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dian Indrihadi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Erwin Rahayu Saputra Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i2.19316

Keywords:

fishbone diagram, keterampilan menulis, teks eksposisi hortatori

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media fishbone diagram terhadap keterampilan menulis teks eksposisi hortatori siswa di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan selama kurang lebih 2 bulan terhitung mulai dari bulan Mei sampai dengan Juni tahun 2023 di kelas IV SDN 1 Cigembor, Ciamis. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif menggunakan pre-experimental design type one group pretest-postest design. Data penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu dengan cara melakukan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) untuk membandingkan adanya peningkatan sebelum dan sesudah dilakukannya perlakuan (treatment). Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penggunaan media fishbone diagram berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks eksposisi dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai pretest dan posttest setelah dilakukan treatment dan hasil pengujian hipotesis yang menunjukan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima sehingga media fishbone diagram ini berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks eksposisi hortatori peserta didik kelas IV SDN 1 Cigembor.

Downloads

Published

2024-03-11

Issue

Section

Articles