Pengembangan modul berbantuan augmented reality (AR) berbasis inquiry based learning di kelas IV sekolah dasar

Modul Pembelajaran di Kelas IV sekolah dasar

Authors

  • Rianti Fransiska Universitas Pendidikan Indonesia
  • Muhammad Rijal Wahid Muharram Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rosarina Giyartini Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i4.19445

Abstract

Pembelajaran pasca pandemi membawa dampak pada perubahan aktivitas pembelajaran yang biasa dilaksanakan secara luring kini beradaptasi menjadi pembelajaran blended (luring dan daring). Pembelajaran daring memungkinkan adanya aktivitas pembelajaran antara pendidik dan peserta didik yang dapat dilaksanakan di mana saja dan kapan saja. Salah satu tren media pembelajaran yang dapat diterapkan adalah teknologi media augmented reality (AR). Inovasi dalam bidang pendidikan baru-baru ini memunculkan sumber belajar bagi peserta didik, salah satunya dalam bentuk modul pembelajaran yang dapat diakses peserta didik di mana saja dan kapan saja. Dampak kemajuan teknologi tentunya juga memberikan ruang dan kesempatan bagi peserta didik untuk lebih mandiri dan aktif dalam mengembangkan pengetahuan dan pengalaman belajarnya. Tujuan penelitian pengembangan ini untuk menghasilkan produk pengembangan modul berbantuan augmented reality (AR) berbasis inquiry based learning di kelas IV sekolah dasar yang sudah menerapkan kurikulum merdeka dengan muatan IPAS bab 2 wujud zat dan perubahannya. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan menerapkan model ADDIE. Uji coba produk yang dilaksanakan di dua sekolah. Hasil validasi ahli bahan ajar modul mendapat 100% kategori sangat layak, ahli model pembelajaran mendapat 99% kategori sangat layak dan ahli media pembelajaran digital mendapat 90% kategori sangat layak.

Author Biography

Rianti Fransiska, Universitas Pendidikan Indonesia

Saya Rianti Fransiska Mahasiswa S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar UPI Kampus Tasikmalaya tahun 2019.

Downloads

Published

2024-07-31

Issue

Section

Articles