Penggunaan metode jarimatika untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian peserta didik kelas III SD

Authors

  • Della Rosaline Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yusuf Suryana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Muhammad Rijal Wahid Muharram Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i4.19463

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung perkalian peserta didik kelas III Sekolah Dasar. Penelitian ini berfokus pada penggunaan Jarimatika untuk membantu peserta didik dalam menyelesaikan soal perkalian. Hal ini didasari oleh kondisi faktual dimana peserta didik belum mampu mengerjakan perkalian bilangan dan juga metode pembelajaran yang diterapkan monoton membuat pembelajaran matematika terasa sulit. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain quasi eksperimen berupa nonequivalent control group design. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan metode jarimatika, sedangkan kelas kontrol tanpa menggunakan metode jarimatika. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berhitung perkalian peserta didik yang dapat dilihat dari hasil uji N-Gain. Berdasarkan hasil uji N-Gain, nilai rata-rata N-gain Score untuk kelas eksperimen sebesar 68,9012 atau 69% dimana 69% termasuk kedalam kategori cukup efektif. Sedangkan nilai rata-rata N-gain Score pada kelas kontrol sebesar 35,4188 atau 35% dimana 35% termasuk kedalam kategori tidak efektif. Kemudian dilakukan uji-t terhadap data N-gain Score, diperoleh hasil nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Hal tersebut menunjukan bahwa 0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan berhitung perkalian peserta didik yang memperoleh pembelajaran menggunakan metode jarimatika lebih tinggi daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran tanpa menggunakan metode jarimatika.

Downloads

Published

2024-07-31

Issue

Section

Articles