Peningkatan kerjasama dan hasil belajar menggunakan model problem based learning pada siswa kelas III SD

Authors

  • Ajeng Wuri Puspita Lusia Universitas Sanata Dharma
  • Rusmawan Universitas Sanata Dharma
  • Dianing Kurniastuti SDN Gedongtengen

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i4.19571

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kerjasama dan hasil belajar siswa kelas III SD. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar bagi siswa kelas III SD melalui penerapan model problem based learning. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD. Instrumen yang digunakan tes dan non tes. Data dikumpulkan dengan menggunakan soal evaluasi untuk mengetahui hasil belajar dan lembar observasi untuk mengamati kerjasama siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata kerjasama siswa mengalami peningkatan dari 54 dalam kategori rendah menjadi 67 pada siklus I dalam kategori tinggi, dan meningkat kembali menjadi 74 dalam kategori tinggi pada siklus II. Peningkatan terjadi pula pada hasil belajar siswa dari persentase ketuntasan klasikal dari 38% meningkat menjadi 54% pada siklus I, dan meningkat kembali menjadi 85% pada siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa.

 

Downloads

Published

2024-07-31

Issue

Section

Articles