Penggunaan model make a match berbantuan media pembelajaran flashcard untuk mengatasi kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas 1 di sekolah dasar

Authors

  • Erta Alvani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Agus Muharam Universitas Pendidikan Indonesia
  • Hisny Fajrussalam Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i4.19576

Abstract

Abstrak

Dalam kemampuan membaca siswa harus menguasai dua kemampuan tersebut yaitu, membaca nyaring dan membaca dalam hati. Salah satu kemampuan yang harus dikuasai dalam membaca adalah kemampuan membaca permulaa. Berdasarkan hasil data yang didapatkan sebelum dilakukan penelitian yang diperoleh dari guru dan siswa kelas I UPTD SDN 8 Nagrikaler, bahwa kemampuan membaca permulaan siswa tergolong rendah. Maka peneliti mencoba menggunakan model make a match berbantuan media pembelajaran flashcard dengan tujuan untuk dapat meningkatkan kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas I. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian Kurt Lewin melalui 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan di UPTD SDN 8 Nagrikaler dengan subjek penelitian 26 siswa. Terdapat peningkatan pada kemampuan membaca permulaan pada siswa setelah diterapkannya model make a match berbantuan media pembelajaran flashcard. Hal ini ditunjukkan oleh hasil aktivitas dan hasil belajar siswa. Rata-rata hasil belajar kemampuan membaca permulaan pada siklus I diperoleh 70% dan siswa masih ada yang belum memperoleh nilai tuntas KKM. Siklus II diperoleh nilai rata-rata meningkat menjadi 92% dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 24 siswa. Dengan demikian penggunaan model make a match berbantuan media pembelajaran flashacrd dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I Sekolah Dasar.

 

Kata Kunci: Make a Macth, Membaca Permulaan, Flashcard

Downloads

Published

2024-07-31

Issue

Section

Articles