Penerapan model survey, question, read, recite, and review (SQ3R) berbantuan media komik untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa sekolah dasar

Authors

  • Irma Komala Dewi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Erna Suwangsih Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nadia Tiara Antik Sari Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i4.19651

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SDN Parakan II pada siswa kelas IV dengan jumlah 17 siswa, 6 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami bacaan ketika proses pembelajaran. Teradapt siswa yang memiliki minat baca yang kurang, hal ini disebabkan karena siswa merasa bosan dan menganggap membaca tidak menyenangkan. Sehingga berdampak terhadap pemahaman siswa terhadap isi bacaan serta kualiatas hasil belajar yang rendah. Penggunaan model pembelajaran yang tepat untuk mengoptimalkan siswa dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman yang peneliti terapkan yaitu model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, and Review (SQ3R).  Model SQ3R ini merupakan teknik dalam melakukan aktivitas membaca dimana setiap tahapannya merupakan kesatuan yang saling berkaitan. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan siklus yang dikemukakan oleh Kemmis dan Taggart dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, serta refleksi. Pada siklus I kemampuan membaca pemahaman siswa termasuk pada kategori kurang dengan nilai rata-rata 64,70 dan ketuntasan hasil belajar 47%. Sedangkan pada siklus II kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat dengan nilai-rata-rata 83,08 dan ketuntasan hasil membaca pemahaman 88,23% yang termasuk pada kategori tinggi. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa model Survey, Question, Read, Recite, and Review (SQ3R) berbantuan media komik dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahman siswa kelas IV SDN Parakan II.

Kata Kunci: SQ3R, Media Komik, Membaca Pemahaman.

 

Abstrack

This research was conducted at SDN Parakan II in class IV students with a total of 17 students, 6 female students and 11 male students. This research is motivated by students who have difficulty understanding reading during the learning process. Regarding students who have less interest in reading, this is because students feel bored and think reading is not fun. So that it has an impact on students' understanding of the content of reading and the quality of learning outcomes is low. The use of appropriate learning models to optimize students in improving reading comprehension skills that researchers apply is the Survey, Question, Read, Recite, and Review (SQ3R) learning model. The SQ3R model is a technique for carrying out reading activities where each stage is an interrelated unit. This type of research is Classroom Action Research using the cycle proposed by Kemmis and Taggart with four stages, namely planning, implementing, observing, and reflecting. In the first cycle, students' reading comprehension skills were included in the less category with an average score of 64.70 and 47% completeness learning outcomes. Whereas in cycle II the students' reading comprehension ability increased with an average score of 83.08 and the completeness reading comprehension result was 88.23% which is included in the high category. The results of the study show that the Survey, Question, Read, Recite, and Review (SQ3R) model assisted by comic media can improve the reading comprehension skills of fourth grade students at SDN Parakan II.

Keywords: SQ3R, Comic Media, Reading Comprehension.

Downloads

Published

2024-07-31

Issue

Section

Articles