Penggunaan model picture and picture kelas IV SD untuk meningkatkan kemampuan membaca cerita fiksi

Authors

  • Nur Khadijah IKIP SILIWANGI
  • Ryan Dwi Puspita PGSD IKIP Siliwangi
  • Evi Susanti PGSD IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i3.19759

Abstract

Kurangnya siswa kelas IV dalam membaca cerita fiksi di sekolah dasar disebabkan dari model pembelajaran yang monoton dan kurang cocok pada siswa kelas IV sehingga siswa mudah bosan dalam kegiatan belajar mengajar. Hal tersebut dikarenakan pembelajaran yang diterapkan masih bersifat konvensional. Maka dari itu peneliti melakukan penelitian Mix Methode dengan desain Explanatory Squential Design dan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture. Sebagai alatnya ia menggunakan tes, survei respon siswa, angket respon guru, wawancara guru, lembar observasi guru, dan lembar observasi siswa. Cara pengumpulan dan pengolahan data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Siswa yang dijadikan sampel sebanyak 36 siswa yang direkrut dari SD Sindangsari di Desa Citatah, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa model pembelajaran picture and picture dapat menaikan kemampuan siswa kelas IV SD dalam membaca cerita fiksi. Hal ini juga diperkuat dengan hasil post test yang meningkat secara signifikan diakhir kegiatan pembelajaran siswa. 

Downloads

Published

2024-05-27

Issue

Section

Articles