Upaya meningkatkan hasil belajar materi huruf kapital kelas II menggunakan metode problem based learning berbantuan media gambar dan cap rewards di sekolah dasar
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v7i5.19845Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tiindakan kelas di kelas II-B SD Kanisius Kalasan yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa materi huruf kapital pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menerapkan metode problem based learning berbantuan media gambar dan cap rewards. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil belajar adalah proses perubahan perilaku yang terjadi pada siswa akibat belajar dalam mencapai suatu bentuk perubahan, penguasaan atas jumlah aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik dalam proses belajar mengajar. Faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah faktor keluarga, sekolah dan masyarakat. Pada faktor sekolah salah satunya adalah meliputi cara guru dalam mengajar. Media adalah salah satu hal yang penting untuk menunjang guru dalam kegiatan mengajar. Salah satunya adalah media gambar yang sering digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar terutama pada ketrampilan menulis siswa. Gambar merupakan alat visual yang paling banyak digunakan oeh guru karena penggunaannya yang mudah dan sederhana, selain itu untuk siswa media gambar dapat melatih imajinasi berpikir dan memotivasi siswa di dalam pembelajaran. Di kelas rendah, siswa masih sangat bersemangat ketika diberikan hadiah, maka untuk memotivasi dan mengapresiasi siswa di kelas, guru memberikan cap reward bagi siswa yang mampu menuliskan dengan benar mengenai huruf kapital. Problem based learning adalah metode pembelajaran dianggap tepat digunakan untuk melatih peserta didik berpikir secara kritis dengan menggunakan 5 fase. Pada penelitian ini dilaksanakan dengan kegiatan prasiklus, dan 2 siklus yakni siklus 1 dan siklus 2 terdiri dari pertemuan I dan II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan problem based learning materi huruf kapital berbantuan media gambar dan cap rewards mampu meningkatkan hasil belajar siswa yaitu pada prasiklus 31,25%, sebesar 62,5% pada siklus I dan 87,5% pada siklus II. Terjadi peningkatan sebesar 25% untuk siklus 1 ke siklus 2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode problem based learning berbantuan media gambar dan cap rewards dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi huruf kapital di kelas II.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.