Analisis kesalahan penggunaan huruf kapital, tanda baca titik serta koma pada teks deskripsi peserta didik kelas V SDN sambong permai

Authors

  • Yunitasari nita Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Dedi Heryadi Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Riga Zahara Nurani Universitas Perjuangan Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i5.20049

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan yang sering dilakukan peserta didik kelas V SDN Sambong Permai khususnya pada saat menulis teks deskripsi untuk menyampaikan maksud dan pesan kepada pembaca. Penulisan tata bahasa yang baik dan benar khususnya pada penulisan huruf kapital dan tanda 3 baca titik dan koma harus mulai diterapkan pada jenjang Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek Penelitian ini adalah kelas V sebanyak 20 peserta didik SDN Sambong Permai, Kota Tasikmalaya. Hasil dari penelitian ini ditemukan kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca. Kesalahan pertama yaitu penggunakan huruf capital di awal kalimat dengan jumlah 54 kesalahan. Kesalahan kedua yaitu tanda baca titik pada akhir kalimat sebanyak 35 kesalahan. Kesalahan ketiga yaitu penggunaan tanda koma yang dilakukan oleh peserta didik sebanyak 10 kesalahan. Dapat disimpulkan seringnya terjadi kesalahan yang di lakukan peserta didik saat menulis yaitu pada huruf kapital tepatnya pada awal kalimat. Penyebab kesalahan peserta didik dalam penggunaan tanda baca yaitu karna lupa dan kurang faham dalam penempatan tanda baca serta terburu-buru ketika menulis.

Author Biographies

Dedi Heryadi, Universitas Perjuangan Tasikmalaya

Dosen di Universitas Siliwangi dan Universitas Perjuangan

Riga Zahara Nurani, Universitas Perjuangan Tasikmalaya

Dosen di Universitas Perjuangan Tasikmalaya

Downloads

Published

2024-09-30

Issue

Section

Articles