Analisis kesulitan belajar pembagian pada peserta didik kelas IV SDN 3 Tugu

Authors

  • Muhammad Habib Al Warid Universitas Perjuangan

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i6.20454

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu oleh adanya peserta didik kelas IV SDN 3 Tugu yang mengalami kesulitan dalam belajar pembagian. Permasalahan ini menjadi motivasi bagi peneliti untuk melakukan penelitian lebih lanjut. Tujuan dari penelitian ini adalah mengungkap kesulitan belajar pembagian yang dihadapi oleh peserta didik. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian melibatkan 27 peserta didik yang mengalami kesulitan dalam belajar pembagian dan seorang guru sebagai narasumber. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, langkah analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar pembagian disebabkan oleh: 1) pemahaman yang kurang terhadap konsep pembagian; 2) kesulitan dalam memahami nilai tempat; 3) kesulitan dalam menerapkan prinsip-prinsip pembagian dan 4) kurangnya pemahaman terhadap prosedur penyelesaian pembagian.

Downloads

Published

2024-11-30

Issue

Section

Articles