Pembelajaran daring untuk mengukur kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Sukamukti melalui model PQ4R

Authors

  • Andi Andi PGSD IKIP SILIWANGI
  • Ronny Mugara IKIP SILIWANGI

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i6.20573

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil skenario dan implementasi, serta kesulitan-kesulitan yang dialami siswa pada pembelajaran daring untuk mengukur kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 1 sukamukti melalui metode PQ4R. Melalui model PQ4R ini dirancang untuk memberikan pemahaman kepada siswa agar mereka dapat mengetahui, menjelaskan dan belajar dari apa yang telah mereka ketahui. Metode yang dipakai dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif deskriptif., sedangkan alat yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, lembar survei guru dan siswa, lembar survei guru dan siswa, wawancara guru dan siswa, dan lembar tes soal. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di salah satu sekolah dasar negeri di SDN 1 Sukamukti dengan 20 siswa sebagai sempel yang terdiri 9 siswa laki-laki dan 11 siswi perempuan. Instrument yang digunakan dalam peneltian ini yaitu lembar observasi guru dan siswa, wawancara guru dan siswa, angket guru dan siswa serta soal uraian pemahaman. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat adanya pengaruh pembelajaran menggunakan model PQ4R. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan presentase dari nilai hasil lebar soal tes sebesar 91%.

Downloads

Published

2024-11-30

Issue

Section

Articles