Pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif berbantuan model inkuiri terbimbing pada materi gaya untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v7i3.21343Abstract
Penelitian ini didasari oleh kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran Ilmu Pendidikan Alam karena kurangnya ketertarikan terhadap mata pelajaran tersebut oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kurang menariknya metode penyampaian materi yang dirasa membosankan bagi para siswa, sehingga berimbas terhadap pemahaman siswa akan pentingnya IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media PowerPoint Inkuiri dengan bantuan model inkuiri terbimbing pada materi gaya untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas IV SD. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D). Hasil dari penelitian ini memperlihatkan kemampuan pemahaman siswa, terbukti dari perbandingan peningkatan nilai pretest dan posttest pada hasil uji coba media secara terbatas dan luas. Dan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman siswa setelah diimplementasikannya media selama proses pembelajaran.
Kata Kunci : PowerPoint Interaktif, Model Inkuiri, Materi Gaya
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.