Pengembangan media powerpoint interaktif (pointter) pada konsep dasar pembagian di kelas II sekolah dasar

Authors

  • Putri Nurul Kamila Universitas Pendidikan Indonesia
  • Karlimah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ika Fitri Apriani

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i1.21594

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih belum tersedianya media pembelajaran di sekolah khususnya media powerpoint interaktif di kelas II sekolah dasar pada materi konsep dasar pembagian. Adapun penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan ketersediaan media pembelajaran di kelas II sekolah dasar sebelum dilakukan penelitian, mendeskripsikan desain pengembangan media powerpoint interaktif pada konsep pembagian di kelas II sekolah dasar, menunjukkan kelayakan desain pengembangan media powerpoint interaktif pada konsep pembagian di kelas II sekolah dasar, menggambarkan implementasi pengembangan media powerpoint interaktif pada konsep pembagian di kelas II sekolah dasar. Pada penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran yakni powerpoint interaktif untuk materi konsep dasar pembagian di kelas II sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan Design Based Research (DBR). Penelitian ini menghasilkan empat simpulan yakni media pembelajaran yang tersedia di sekolah masih merupakan media sederhana, media pembelajaran powerpoint interaktif terdapat beberapa elemen seperti gambar, suara dan video yang dikemas menjadi sebuah CD dilengkapi dengan buku panduan penggunaan media, produk yang telah dibuat oleh peneliti dinyatakan layak untuk diimplementasikan di sekolah, uji coba produk tersebut mendapatkan respon yang baik dari guru dan siswa dengan presentase mencapai 100%. Pengembangan media tersebut mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dan membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. 

Downloads

Published

2024-01-30

Issue

Section

Articles