Identifikasi kesulitan belajar siswa sekolah dasar dalam memahami konsep hukum newton 3 pada mata pelajaran IPA

Authors

  • Hesti Iswandayani Universitas PGRI Yogyakarta
  • Ahmad Arum Jalaludin Universitas PGRI Yogyakarta
  • Gita Apriliana Universitas PGRI Yogyakarta
  • Wahyu Kurniawati Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i3.21852

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi kesulitan belajar siswa sekolah dasar dalam memahami konsep Hukum Newton 3 pada mata pelajaran IPA. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif karena peneliti hanya sekedar mendeskripsikan fenomena yang terjadi dan tidak memberikan perlakuan khusus terhadap objek penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan langkah-langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan verifikasi. Dalam penelitian ini untuk mendapatkan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Berdasarkan    hasil    penelitian    kesulitan belajar siswa kelas VI SD Randusari Kotagedhe  disebabkan  oleh  faktor-faktor  yang menyebabkan kesulitan  belajar meliputi; (a) kesulitan dalam memahami dan mengingat bahasa ilmiah/istilah asing; (b) kesulitan dalam memahami konsep; (c) minat siswa yang kurang terhadap pembelajaran; (d) motivasi belajar yang rendah; (e) metode yang monoton dan media/alat pembelajaran yang kurang menarik; dan (f) kecerdasan siswa yang beda-beda. Faktor- faktor tersebut yang menyebabkan kesulitan belajar pelajaran IPA dasar  bagi siswa  sekolah dasar.

Kata Kunci: Hukum Newton, IPA, Kesulitan Belajar

Downloads

Published

2024-05-27

Issue

Section

Articles