Pengaruh penggunaan model pembelajaran PjBL terhadap keterampilan kolaborasi siswa pada pembelajaran IPA di kelas VI SD Inpres 1 Tanamodindi

Authors

  • Sinta Satria Dewi Pendit Universitas Tadulako
  • Zulnuraini Universitas Tadulako
  • Azizah Universitas Tadulako
  • Ni Putu Devi Handayani Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i1.21915

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning terhadap keterampilan kolaborasi siswa pada pembelajaran IPA di kelas VI SD Inpres 1 Tanamodindi. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VI SD Inpres 1 Tanamodindi yang berjumlah 52 orang. Siswa kelas eksperimen berjumlah 26 orang dan siswa kelas kontrol berjumlah 26 orang. Pengambilan data yang dilakukan menggunakan angket kolaborasi siswa. Analisis data yang dilakukan terdiri atas uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan berbantuan program IBM SPSS Statistics 23. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji paired sample T test pada taraf nyata 5% (0,05) diperoleh nilai signifikan 0,000 maka hasil penelitian ini menunjukkan hasil nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka Ho (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran  Project Based Learning  terhadap keterampilan kolaborasi siswa pada pembelajaran IPA di kelas VI SD Inpres 1 Tanamodindi.

Downloads

Published

2024-01-30

Issue

Section

Articles