Pengembangan media pembelajaran bianglala matematika materi operasi hitung pecahan di sekolah dasar

Authors

  • Siti Salha Zakia Universitas Pendidikan Indonesia
  • Karlimah Karlimah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Agnestasia Rahmadhani Putri Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i5.22036

Abstract

Pembelajaran merupakan interaksi antara guru dan murid untuk mencapai tujuan pendidik. Pelajaran di sekolah dasar terdiri dari beberapa mata pelajaran, salah satunya adalah pelajaran matematika. Pelajaran matematika merupakan hal penting yang harus di ajarkan kepada peserta didik, karena matematika merupakan salah satu pilar utama dalam ilmu lain. matematika merupakan suatu yang abstrak, sehingga bagi peserta didik usia SD diperlukan sebuah media yang dapat membatu membuat matematika menjadi konkret sehingga lebih mudah untuk dipahami. Pada penelitian ini peneliti memberikan sebuah elusi dengan dikembangkannya sebuah media bianglala matematika yang di integrasikan pada materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan pecah berbeda penyebut. Penelitian ini menggunakan Design Based Learning (DBR) yang terdiri dari empat tahapan, yaitu 1) Identifikasi dan Analisis Masalah oleh Peneliti dan Praktisi secara Kolaborasi; 2) Mengembangkan Prototype Solusi yang Didasarkan pada Patokan Teori, Design Principle yang Ada dan Inovasi Teknologi; 3) Melakukan Proses Berulang untuk Menguji dan Memperbaiki Solusi secara Praktis dan ; 4) Refleksi untuk Menghasilkan Design Principle serta Meningkatkan Implementasi dari Solusi secara Praktis.

Downloads

Published

2024-09-30

Issue

Section

Articles