Pengembangan media pembelajaran bianglala matematika materi operasi hitung pecahan di sekolah dasar
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v7i5.22036Abstract
Pembelajaran merupakan interaksi antara guru dan murid untuk mencapai tujuan pendidik. Pelajaran di sekolah dasar terdiri dari beberapa mata pelajaran, salah satunya adalah pelajaran matematika. Pelajaran matematika merupakan hal penting yang harus di ajarkan kepada peserta didik, karena matematika merupakan salah satu pilar utama dalam ilmu lain. matematika merupakan suatu yang abstrak, sehingga bagi peserta didik usia SD diperlukan sebuah media yang dapat membatu membuat matematika menjadi konkret sehingga lebih mudah untuk dipahami. Pada penelitian ini peneliti memberikan sebuah elusi dengan dikembangkannya sebuah media bianglala matematika yang di integrasikan pada materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan pecah berbeda penyebut. Penelitian ini menggunakan Design Based Learning (DBR) yang terdiri dari empat tahapan, yaitu 1) Identifikasi dan Analisis Masalah oleh Peneliti dan Praktisi secara Kolaborasi; 2) Mengembangkan Prototype Solusi yang Didasarkan pada Patokan Teori, Design Principle yang Ada dan Inovasi Teknologi; 3) Melakukan Proses Berulang untuk Menguji dan Memperbaiki Solusi secara Praktis dan ; 4) Refleksi untuk Menghasilkan Design Principle serta Meningkatkan Implementasi dari Solusi secara Praktis.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.