Pengaruh PBI bermuatan literasi emosi terhadap literasi emosi peserta didik kelas IV SD

Authors

  • Dinda Dwi Laila Ismi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i1.22119

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Bahasa Indonesia bermuatan literasi emosi terhadap literasi emosi peserta didik kelas IV SD. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan desain eksperimental. Pengumpulan data dilakukan melalaui pretest dan posttest melalui pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV salah satu SD di Kota Tasikmalaya, dengan jumlah sebanyak 30 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui penilaian diri sebanyak 30 pernyataan yang memuat aspek literasi diri positif dan negatif. Instrument yang digunakan adalah penilaian diri dalam pemberian pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif deskriptif dengan perhitungan uji beda atau uji paired simple t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan literasi emosi peserta didik dengan presentase  kategori sangat tinggi 3,3% , kategori tinggi 20%, kategori sedang 73,4%, dan kategori rendah 3,3% dengan nilai asympt sig 0,00 maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia memiliki pengaruh efektif terhadap peningkatan literasi emosi peserta didik.

Downloads

Published

2024-01-30

Issue

Section

Articles