Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi struktur lapisan bumi kelas V SDN Peterongan

Authors

  • Ratih Rosiana UPGRIS Semarang
  • Noor Miyono Universitas PGRI Semarang
  • Afranny Hanum SDN Peterongan Semarang

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i2.22418

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses hasil belajar peserta didik pada materi struktur lapisan bumi dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VA SD Negeri Peterongan yang berjumlah 24 peserta didik yang terdiri dari 10 laki-laki dan 14 perempuan. Metode penelitian yang digunakan analisis deskripstif komparatif untuk membandingkan hasil belajar setelah tindakan siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data berupa observasi, rubrik penilaian produk, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan kuantitatif. Penerapan model pembelajaran Project Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada materi struktur lapisan bumi. Hal ini dibuktikan dengan mendapat persentase 58,3% atau 14 peserta didik yang tidak tuntas dan 41,6% atau 10 peserta didik tuntas pada siklus I. Di siklus II sebanyak 22 peserta didik tuntas dengan persentase 91,6% dan 2 peserta didik tidak tuntas dengan persentase 8,3%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS materi struktur lapisan bumi kelas V SDN Peterongan.

Downloads

Published

2024-03-11

Issue

Section

Articles