Peningkatan keaktifan belajar peserta didik melalui media pembelajaran wordwall pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SDN Peterongan

Authors

  • Mulya Rengganis UPGRIS Semarang
  • Ervina Eka Subekti Universitas PGRI Semarang
  • Sumiyatun SDN Peterongan Semarang

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i2.22448

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan keaktifan belajar peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran Bahasa Indonesia melalui media wordwall. Keaktifan belajar peserta didik merupakan unsur yang penting dalam proses pembelajaran. Pembelajaran harus mampu menumbuhkan suasana yang dapat menjadikan peserta didik menjadi aktif bertanya, menanggapi, serta mengemukakan pendapat. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari tiga rangkaian yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan keaktifan belajar peserta didik melalui media pembelajaran wordwall pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN Peterongan. Peningkatan keatifan belajar peserta didik dapat dilihat dari hasil analisis observasi dimana pada siklus I memperoleh presentase 59, 1% masuk dalam kategori keaktifan belajar peserta didik netral dan pada siklus II memperoleh presentase  masuk dalam kategori keaktifan belajar peserta didik aktif.

Kata kunci : Keaktifan belajar, Bahasa Indonesia, wordwall

Downloads

Published

2024-03-11

Issue

Section

Articles