Pengembangan E-Modul Pembelajaran IPS Bermuatan Karakter Tanggung Jawab untuk Peserta Didik Sekolah Dasar

Authors

  • Tia Nurul Fauziah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Syarip Hidayat Universitas Pendidikan Indonesia
  • Pidi Mohamad Setiadi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i2.22516

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah bahan ajar berupa e-modul pembelajaran IPS bermuatan karakter tanggung jawab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Design Based Research (DBR) dengan model Reeves yang terdiri dari 4 tahap, yaitu identifikasi dan analisis masalah, pengembangan solusi/produk, uji coba berulang, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi studi pendahuluan, wawancara, studi dokumentasi, validasi expert judgement, angket respon, dan lembar observasi karakter tanggung jawab. Berdasarkan hasil dari validasi expert judgement dan hasil respon peserta didik pada uji coba menyatakan bahwa e-modul ini layak digunakan sebagai bahan ajar yang dapat digunakan baik di sekolah atau di rumah untuk peserta didik. Sedangkan hasil observasi karakter tanggung jawab menunjukkan bahwa peserta didik yang terlibat sudah memiliki karakter tanggung jawab yang tergolong sangat baik.

Downloads

Published

2024-03-11

Issue

Section

Articles