Analisis pembelajaran dengan menggunakan modul pilar karakter percaya diri di SDS Darul ‘Amal Jampangkulon

Authors

  • Titi Rahmawati Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Dyah Lyesmaya Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Din Azwar Uswatun Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i2.22547

Abstract

Karakter merupakan ciri khas individu yang ditunjukan melalui cara bersikap, berperilaku dan bertindak untuk hidup dan bekerjasama, baik dalam lingkungan sekolah, keluarga, maupun masyarakat. Pendidikan karakter dinilai sangat penting untuk ditanamkan pada anak-anak usia SD karena pendidikan karakter adalah proses Pendidikan yang ditujukan untuk mengembangkan nilai, sikap dan perilaku yang memancarkan akhlak mulia atau budi pekerti luhur khususnya di karakter percaya diri. Melalui metode bercerita pilar karakter dan pembiasaan ini maka siswa-siswi yang sebelumnya masih ada yang tidak percaya diri akan terlihat perkembangannya saat mereka sudah berada di Kelas berikutnya. Karena memang pembiasaan-pembiasaan nilai luhur pilar karakter ini dirasa sangat berhasil diterapkan di masa-masa Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SDS Darul ‘Amal yang berada di desa Bojonggenteng kecamatan Jampangkulon kabupaten Sukabumi. Terdiri dari 3 kelas (kelas 2 khalid bin walid, zaid bin tsabit dan Abdurrahman bin auf). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penulis akan terjun langsung ke lapangan untuk melakukan pengamatan (observasi) terhadap situasi dan kondisi sekolah, melakukan wawancara dengan informan, baik dengan guru maupun dengan informan lainnya di SDS Darul ‘Amal dan menggali informasi data melalui dokumen-dokumen sekolah dan membuat dokumentasi atas segala kegiatan yang diteliti dalam penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan pada kondisi yang alamiah, sumber data primer, dan teknik pengumpulan data lebih banyak pada observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Dengan penerapan nilai karakter disetiap mata pelajaran ini siswa akan mengikutinya dan dengan berjalannya waktu nilai karakter tersebut akan menjadi sebuah kebiasaan. Perinsip Pendidikan karakter ini sudah baik diterapkan oleh SDS Darul ‘Amal, dimana didapati data bahwa SDS Darul ‘Amal selalu memberikan contoh atau teladan yang baik yaitu dengan guru membiasakan berperilaku sesuai dengan nilai karakter yang ada.pemberian contoh yang baik ini dilakukan guru dengan pembiasaan bagaimana cara bersikap yang baik.

Downloads

Published

2024-03-11

Issue

Section

Articles