Pengaruh metode talking stick berbantuan aplikasi quizizz terhadap hasil belajar siswa SD

Authors

  • Mira Amalia Setyani UPGRIS Semarang
  • Mira Azizah Universitas PGRI Semarang
  • Paryuni SD Negeri Gajahmungkur Semarang

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i3.22572

Abstract

IPA dipandang sebagai produk dan cara yang mengajarkan siswa memecahkan masalah melalui kemampuan berpikir kritis dan bersikap objektif. Kegiatan belajar IPA di jenjang SD bertujuan untuk membangun kemampuan berpikir kritis dan rasa ingin tahu siswa terhadap alam dan dirinya, mempraktikkan metode ilmiah, dan mengomunikasikannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran talking stick berbantuan aplikasi quizizz terhadap hasil belajar IPAS materi transformasi energi siswa kelas 4 SD Negeri Gajamungkur 04. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode eksperimen dengan rancangan desain one grup pretest posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan data tes dan non tes, data dianalisis menggunakan metode kuantittatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh metode talking stick berbantuan aplikasi quizizz terhadap hasil belajar siswa dengan t hitung (10,40) lebih besar dari t tabel(1,700). Implementasi metode talking stick berbantuan aplikasi quizizz dapat dijadikan sebagai alternatif solusi dalam meningkatkan hasil belajar IPAS kelas 4 materi transformasi energi.

Kata kunci: talking stick; transformasi energi; quizizz

Downloads

Published

2024-05-27

Issue

Section

Articles