Keefektifan media tutup botol terhadap kemampuan berhitung penjumlahan pada siswa kelas II

Authors

  • Iis Wahyuningsih UPGRIS Semarang
  • Arfilia Wijayanti Universitas PGRI Semarang
  • Paryati Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i3.22573

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu alternatif yang digunakan untuk membuat pembelajaran lebih menarik sehingga sengaja dibuat sebagai alat peraga nyata berupa media tutup botol. Media tutup botol adalah suatu pemanfaatan barang bekas yang dapat digunakan sebagai alat bantu belajar. Pemanfaatan media tutup botol digunakan pada salah satu pembelajaran matematika pada materi penjumlahan teknik menyimpan di kelas II. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan media tutup botol terhadap kemampuan berhitung penjumlahan pada siswa kelas II di SDN Pandeanlamper 01 Semarang. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain one group pretest posttest. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 26 siswa kelas II SDN Pandeanlamper 01 Semarang. Teknik pengumpulan data secara tes dan nontes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis yang meliputi paired sample t-test dan uji N-Gain. Hasil penelitian mengunjukkan data awal pretest dengan rata- rata 57,7 dan nilai rata- rata posttest 80,7 dan  hasil uji N-Gain menunjukkan 0,57 dalam kategori cukup efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media tutup botol efektif terhadap kemampuan berhitung penjumlahan kelas II.

Kata Kunci: Keefektifan, Media Tutup Botol, Kemampuan Berhitung

Downloads

Published

2024-05-27

Issue

Section

Articles