Penerapan media permainan tradisional ucing puntang untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa sekolah dasar

Authors

  • Jimat Laelasari Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Iis Nurasiah Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Irna Khaleda Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i2.22582

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa, hal tersebut dikarenakan  kegiatan pembelajaran aspek berbicara kurang menarik dan membosakan bagi siswa serta metode  pembelajaran yang digunakan masih bersifat pasif, sehingga siswa tidak terlibat aktif di dalam kelas akhirnya siswa masih malu-malu untuk mengungkapkan isi pikirannya, lalu pemilihan kata yang masih kurang tepat dan berbicaranya pun masih terbata-bata mungkin karena kurang percaya diri. Karena keterampilan berbicara itu sulit dipelajari tapi harus di praktekkan secara langsung melalui latihan secara terus menerus. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas dalam penelitian ini. Adapun subjek pada penelitian ini yaitu 13 siswa kelas III SD Negeri 2 Bojongkalong. Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus yang mencakup fase perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi penerapan media permainan tradisional ucing puntang mampu meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III SD Negeri 2 Bojongkalong. Temuan studi menunjukkan bahwa pada awalnya hanya 5 siswa dari 13 yang melebihi KKM dan didapatkan nilai rata-rata sebesar 57,46. Namun, setelah dilakukan siklus I jumlah siswa yang melebihi KKM meningkat menjadi 9 siswa dan diperoleh nilai rata-rata sebesar 69,5. Adapun pada siklus II terdapat peningkatan jumlah siswa yang melebihi KKM yaitu sebanyak 11 siswa, dan diperoleh nilai rata-rata sebesar 74,84. Selain itu, pada aspek  keterampilan berbicara pada tahap kegiatan siklus 1 terdapat peningkatan menuju siklus II. Pada siklus II terlihat bahwa peningkatan setiap indicator keterampilan berbicara sangat meningkat secara signifikan.Sehingga dalam indicator kesesuaian ucapan dengan topic memperoleh rata-rata 73,8,ketapatan penulisan kata dan ejaan sebesar 74,4, penyusunan kalimat yang tepat sebesar 76,6 dan indicator intonasi dan ekspresi sebesar 74,4.

Downloads

Published

2024-03-11

Issue

Section

Articles