Analisis motivasi belajar siswa mata pelajaran matematika melalui media papan bangun datar siswa kelas I SD Supriyadi Semarang

Authors

  • Ianatut Toyibah Universitas PGRI Semarang
  • Widya Kusumaningsih Universitas PGRI Semarang
  • Sapto Armin Wibowo Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i3.22607

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang menjadi fondasi bagi pembelajaran matematika di tingkat selanjutnya karena matematika membuat peserta didik berpikir logis, komunikatif, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif serta bekerjasama. Dalam pembelajaran matematika terutama kelas rendah seringkali siswa kesulitan untuk memahami konsep maka dari itu diperlukan media pembelajaran yang diharapkan mampu memberikan gambaran materi secara jelas, menumbuhkan minat dan juga motivasi belajar. Motivasi belajar termasuk faktor penting dalam mencapai keberhasilan pembelajaran, seperti dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini yaitu mendisikripsikan motivasi belajar matematika materi bangun datar siswa kelas IC SD Supriyadi Semarang dengan menggunakan media pembelajaran papan bangun datar. Metode yang digunanakan dalam penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian mengenai motivasi belajar siswa kelas IC SD Supriyadi Semarang menggunaan media papan bangun datar menunjukkan kriteria sangat baik dengan persentase sebesar 89,35%. Simpulan dari penelitian ini yaitu penggunaan media papan bangun datar berdampak positif terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas IC pada pembelajaran matematika materi bangun datar.

Downloads

Published

2024-05-27

Issue

Section

Articles