Penerapan model PBL berbantuan metode role playing untuk meningkatkan hasil belajar PPKn kelas II SDN Sambirejo 02

Authors

  • Erika Soniya Universitas PGRI Semarang
  • Widya Kusumaningsih Universitas PGRI Semarang
  • Mardani Esti Pambayun Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i4.22625

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Sambirejo 02 melalui model PBL berbantuan metode role playing. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur penelitian melalui perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 kali siklus dengan subjek penelitian siswa kelas II yang berjumlah 28. Hasil dari penelitian ini yaitu, dalam siklus I rata-rata hasil belajar siswa 69,64 dengan presentase ketuntasan klasikal 53,57%. Sementara dalam siklus II rata-rata hasil belajar siswa mencapai nilai 78,21 dengan presentase ketuntasan klasikal 75%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa melalui model PBL berbantuan metode role playing pada siswa kelas II SDN Sambirejo 02.

Kata Kunci: Peningkatan hasil belajar, PBL, role playing.

Downloads

Published

2024-07-31

Issue

Section

Articles