Analisis literasi matematis kelas V dalam menyelesaikan soal cerita penjumlahan dan pengurangan pecahan

Authors

  • Mara Nurmalia Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Geri Syahril Sidik Universitas Perjuangan
  • Winarti Dwi Febriani Universitas Perjuangan

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i4.22630

Abstract

Penelitian ini menganalis mengenai literasi matematis kelas V dalam menyelesaikan soal cerita penjumlahan dan pengurangan pecahan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan literasi matematis kelas V dalam menyelesaikan soal cerita penjumlahan dan pengurangan pecahan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif eksploratif. Teknik pengumpulan data terdiri dari tes literasi matematis dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa soal tes literasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dengan literasi matematis tinggi, mampu menguasai dengan baik semua indikator proses literasi matematis. Peserta didik dengan literasi matematis sedang, mampu memenuhi sebagian besar indikator proses literasi matematis. Peserta didik dengan literasi matematis rendah, dapat menyelesaikan soal tes literasi matematis dengan hanya memenuhi indikator merancang situasi secara matematis.

Downloads

Published

2024-07-31

Issue

Section

Articles