Upaya meningkatkan keterampilan menulis puisi melalui metode outdoor learning
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v7i4.22633Abstract
Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang dibelajarkan di sekolah untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis, membaca, dan berkomunikasi. Keterampilan tersebut adalah menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Keterampilan menulis ini dapat diterima setelah seseorang mampu membaca. Menulis merupakan kegiatan menuangkan ide penulis sehingga dapat diketahui oleh pembaca melalui tulisan. Puisi adalah karya sastra yang diungkapkan sesorang dan ditulis menggunakan kata-kata yang indah. Berdasarkan hasil observasi nilai test keterampilan menulis puisi peserta didik di kelas IV menunjukkan bahwa dari jumlah peserta didik 25 orang ada 17 orang atau 68% yang mempunyai nilai dibawah KKM. Hal ini, diketahui bahwa peserta didik di kelas IV kurang dalam keterampilan menulis puisi. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini memiliki tujuan yakni untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi dengan harapan dapat menjadi alternatif pembelajaran yang menarik dan efektif bagi siswa kelas IV Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan model pembelajaran luar kelas (Outdoor Learning). Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajran pada siklus I memperoleh score 85 dengan kriteria baik, dan pada siklus II memperoleh score 90 dengan kriteria sangat baik. Kesimpulannya penelitian ini menunjukkan kenyataan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia tentang meningkatkan keterampilan menulis puisi menggunakan metode outdoor learning berhasil meningkatkan ketuntasan belajar siswa
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.