Penggunaan metode pembelajaran bermain peran berbantuan wayang kreasi untuk meningkatkan hasil belajar dongeng siswa kelas 3 SDN Talagasari

Authors

  • Syifa Nur Hamidah Universitas Perjuangan
  • Riga Zahara Nurani Universitas Perjuangan
  • Winarti Dwi Febriani Universitas Perjuangan

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i4.22637

Abstract

Dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia terdapat ruang lingkup untuk menguasai kebahasaan, adapun keterampilan kebahasaan yang harus dikuasai oleh siswa adalah menyimak, berbicara, membaca serta menulis. Semua keterampilan tersebut bisa bisa dibelajarkan, dilatih bahkan didapatkan pada pembelajaran dongeng. Dongeng adalah alternatif bagi guru untuk bisa melatih keterampilan membaca, berbicara, menulis serta menyimak siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran dongeng dengan menggunakan metode pembelajaran bermain peran berbantuan wayang kreasi pada siswa kelas III. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Hasil belajar matematika pada siklus 2 mengalami peningkatan yang signifikan jika dibandingkan dengan siklus 1 yaitu nilai rata – ratanya tes evaluasi menjadi 93,3 dan unjuk kerja 84,36. Berdasarkan hasil perencanaan pembelajaran yang disusun peneliti dalam pembelajaran dongeng menggunakan metode bermain peran berbantuan wayang kreasi sudah sangat baik, yang dibuktikan dengan perolehan nilai rata – rata di siklus I maupun siklus II mendapatkan hasil nilai yang konsisten.

 

Kata Kunci: Dongeng; Metode Pembelajaran; Wayang Kreasi.

Downloads

Published

2024-07-31

Issue

Section

Articles