Hubungan antara perhatian orang tua dengan motivasi belajar siswa kelas V SDN Ciparay Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya

Authors

  • Rima Aprilianda Universitas Perjuangan
  • Cece Rakhmat Universitas Pendidikan Indonesia
  • Fajar Nugraha Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i4.22639

Abstract

Abstrak

                Parents are one of the factors that influence children's learning motivation. Parents' guidance and direction will have an impact on children's motivation to participate in learning activities. Providing    support and attention to children as a form of parental attention to their children. This study aims to      determine the relationship between parental attention and learning motivation of fifth grade students of            SDN Ciparay, Mangkubumi District, Tasikmalaya City. This type of research is quantitative research           with correlation method. The population in this study were all fifth grade students of SDN Ciparay,            totaling 26 students. The sampling technique is using saturated sampling technique where the entire   population is used as a sample. The data collection technique used a questionnaire while the data       analysis technique used Product Moment correlation. The results of this study indicate that there is a            relationship between parental attention and learning motivation of fifth grade students of SDN Ciparay,           Mangkubumi Subdistrict, Tasikmalaya City, obtained based on data analysis r table at a significance                 level of 5% with N = 26 was obtained at 0.388. Thus, the value of r count shows greater than r table of 0.574 > 0.388. The results of the research and data analysis show that the alternative hypothesis (Ha) is             accepted and the null hypothesis (H0) is rejected. Therefore, the results of this study are significant and       it can be concluded that the research is significant.

                Keywords: Parental Attention, Learning Motivation

Abstrak

Orang tua merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi belajar anak. Bimbingan dan arahan orang tua akan berdampak pada motivasi anak dalam mengikuti kegiatan belajar. Memberikan dukungan dan perhatian kepada anak-anak sebagai salah satu wujud perhatian orang tua kepada anak-anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perhatian orang tua dengan motivasi belajar siswa kelas V SDN Ciparay Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif demgan metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Ciparay yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik sampling jenuh dimana seluruh populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket sedangkan teknik analisis data menggunakan korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara perhatian orang tua dengan motivasi belajar siswa kelas V SDN Ciparay Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya, diperoleh berdasarkan analisis data r tabel pada taraf signifikansi 5% dengan N = 26 tersebut diperoleh sebesar 0,388. Dengan demikian, nilai r hitung menunjukkan lebih besar daripada r tabel sebesar 0,574 > 0,388. Hasil penelitian dan analisis data tersebut menunjukkan bahwa hipotesis atlternatif (Ha) dinyatakan diterima dan hipotesis nihil (H0) ditolak. Oleh karena itu, hasil penelitian ini signifikan dan dapat disimpulkan bahwa penilitian signifikan.

 

Kata Kunci: Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar

Downloads

Published

2024-07-31

Issue

Section

Articles