Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe times games tournament (TGT) untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV SDN Sendangmulyo 02 Semarang

Authors

  • Aan Zuliana Universitas PGRI Semarang
  • Mudzanatun
  • Sri Wahyuningsih

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i3.22737

Abstract

Tujuan utama dilangsungkannya penelitian ini ialah untuk menambah keantusiasan siswa selama pembelajaran berlangsung di kelas IV SD Negeri Sendangmulyo 02  Semarang. Observasi (telaah) ini menyertakan 27 siswa, dengan 11 laki-laki dan 16 perempuan. Model yang dipakai yaitu model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament). Jenis penelitian ini memanfaatkan tindakan kelas model Kemmis dan McTaggart dengan 2 siklus, yakni siklus I dan II. Adapun sampel penelitiannya adalah siswa SD Negeri Sendangmulyo 02, kelas IV-A. Pelaksanaannya yaitu semester 1 awal tahun pelajaran 2023-2024 di SDN Sendangmulyo 02. Pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi memakai penganalisisan data deskriptif (kualitatif). Hasil teliti ini membuktikan bahwa keantusiasan siswa bisa meningkat melalui model pembelajaran TGT. Pada pra-siklus, siswa dominan pasif, namun terjadi kenaikan signifikan dari siklus I ke siklus II, yakni dari 44% menjadi 78%. Sehingga, kesimpulannya adalah model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) efektif diimplementasikan guna menaikkan keantusiasan siswa kelas IV-A, SD Negeri Sendangmulyo 02 Semarang.

 

Kata Kunci : Kooperatif, keaktifan Belajar, Teams Games Tournament (TGT)

Downloads

Published

2024-05-27

Issue

Section

Articles