Efektivitas model pembelajaran teams games tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa

Authors

  • Widya Ayu UPGRIS Semarang
  • Noviana Dini Rahmawati
  • Bernardus Irianto

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i3.22800

Abstract

Model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) adalah sebuah pembelajaran dengan menerapkan strategi kelompok dan mengkombinasikan dengan permainan melibatkan semua aktivitas siswa. Setiap siswa menunjukkan kekhasan individu, dengan karakteristik unik dan kebutuhan belajarnya masing-masing. Hal tersebut merupakan tanggung jawab pendidik untuk melayani sebagai fasilitator yang efektif dalam proses pembelajaran setiap siswa, memastikan bahwa minat serta bakat mereka dipenuhi dan tujuan pendidikan dapat terealisasikan secara efisien. Hasil observasi yang telah dilakukan pada pembelajaran di kelas V SDN Wonotingal maish menggunakan model pembelajaran yang konvensional dimana pembelajaran hanya berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bahwa model pembelajaran TGT efektif dalam tingkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPAS kelas V SDN Wonotingal. Pada penelitian ini mengunakan penelitian kuantitatif dan menggunakan One Group Pretest Postest Design. Metode analisis data menggunakan uji N- Gain. Berdasarkan pada hasil uji N- gain persen memperoleh skor 58,0049 dengan minimal 16,67 serta Maximum 100. Hasil percobaan paired samples test sig.( 2- tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dapat disimpulkan adanya pengaruh yang antara hasil belajar dari pretest serta posttest. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan model pembejaran TGT efektif digunakan pada pembelajaran IPAS siswa Kelas V SDN Wonotingal.

 

Kata Kunci: Model pembelajaran, Teams Games Tournament, Hasil belajar

Downloads

Published

2024-05-27

Issue

Section

Articles