Peningkatan pemahaman konsep materi perubahan energi melalui model project based learning pada kelas IV SD

Authors

  • Ramadhani Aristasari Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Jan Wantoro Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i5.22801

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep materi perubahan energi melalui model Project Based Learning (PjBL) pada kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis & Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 3 Surakarta dengan subyek penelitian pada kelas IV Sebanyak 25 Peserta didik. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang telah dilaksanakan dengan menerpkan model Project Based Learning (PjBL)dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi perubahan energi tampak adanya peningkatan yang signifikan berdasarkan pada data yang diperoleh. Peningkatan tersebut diketahui berdasarkan kenaikan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yang peroleh pada setiap tahapan siklus. Pada pra siklus nilai rata – rata hasil belajar peserta didik sebesar 60, sedangkan nilai rata rata hasil belajar peserta didik pada siklus I sebasar 78 dan nilai rata – rata hasil belajar peserta didik pada siklus II Sebesar 83. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning (PjBL)dalam proses pembelajaran mampu meningkatkan pemahaman konsep pada peserta didik di kelas IV SD Muhammadiyah 3 Surakarta.

Downloads

Published

2024-09-30

Issue

Section

Articles