Media kartu kata dalam melatih keterampilan membaca permulaan siswa kelas II SDN Sendangmulyo 02 Kota Semarang

Authors

  • Aprilia Pangestuti UPGRIS Semarang
  • Qoriati Mushafanah
  • Rafika Nuriafuri

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i3.22806

Abstract

Membaca merupakan keterampilan berbahasa yang sama pentingnya dengan menulis, berbicara, dan mendengarkan dari sudut pandang bahasa lain. Membaca merupakan hal yang sangat penting bagi setiap siswa karena tanpa membaca siswa tidak dapat menguasai pelajarannya dengan baik. Ada beberapa jenis media yang dapat membantu siswa melatih keterampilan membaca. Salah satu media yang dimaksud adalah media kartu kata. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan media kartu kata sebagai salah satu alternatif untuk melatih keterampilan membaca permulaan, khususnya bagi siswa kelas rendah. Dengan menggunakan kartu kata, siswa juga menjadi lebih mudah dalam memahami makna kata yang dimaksud. Objek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas II B SDN Sendangmulyo 02 yang keseluruhannya adalah 27 siswa. Metode yang digunakan peneliti pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dan jenis telaahnya menggunakan penelitian deskriptif. Teknik yang digunakan yaitu non tes berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data observasi dan pengamatan diperoleh dari PPL 1 pada semester 1, tepatnya ketika peneliti melaksanakan praktik mengajar. Sedangkan dokumentasi adalah penghimpunan data terhadap segala kegiatan yang siswa lakukan ketika pengajaran berlangsung. Kesimpulan dalam penelitian ini dapat diambil dari pengaplikasian media kartu kata untuk kelas II B SDN Sendangmulyo 02 yaitu dalam perkembangannya siswa memahami makna dari kata menjadi lebih baik. Selain itu, siswa juga terlibat aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran sehingga pembelajaran yang dilakukan terasa menyenangkan.

 

              Kata Kunci: media kartu kata, membaca permulaan

Downloads

Published

2024-05-27

Issue

Section

Articles