Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V sekolah dasar pada pembelajaran IPS materi masalah sosial dengan menggunakan model problem based learning
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v7i6.22810Abstract
Penelitian ini dimotivasi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah yang disebabkan karena kurangnya pengalaman mereka dalam kegiatan pembelajaran pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah dengan menerapkan model problem based learning dalam pelajaran ilmu pengetahuan sosial yang membahas masalah sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Partisipan penelitian terdiri dari 28 siswa kelas V di SDN Solokan Jeruk 02. Data dikumpulkan melalui tes uraian pretest-posttest yang menilai kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah sosial dengan mengacu pada empat indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor pretest adalah 50,78 dan posttest adalah 75,07, dengan persentase rata-rata pretest sebesar 60% dan posttest sebesar 89%, menunjukkan peningkatan persentase skor rata-rata sebesar 29%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas V dalam menyelesaikan masalah pada pembelajaran ilmu pengetahuan sosial materi masalah sosial.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.