Peningkatan hasil belajar kognitif IPAS siswa kelas IV dengan model PBL berbantuan canva

Authors

  • Anis Widyastuti Universitas PGRI Semarang
  • Agnita Siska Pramasdyahsari Universitas PGRI Semarang
  • Ervina Eka Subekti Universitas PGRI Semarang
  • Donis Sanjaya SD Negeri Sawah Besar Semarang

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i3.22857

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi tantangan dalam pembelajaran IPAS dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan media canva di SDN Sawah Besar 01. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa pembelajaran masih kurang interaktif dan cenderung monoton, serta hasil belajar kognitif siswa belum memenuhi KKM. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan PBL dengan media Canva dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas IV. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah 29 peserta didik kelas IV di SDN Sawah Besar 01. Data dikumpulkan melalui tes dan observasi. Hasil Siklus I menunjukkan bahwa 55,2% peserta didik mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai 71,4. Pada Siklus II, persentase peserta didik yang mencapai ketuntasan meningkat menjadi 82,8% dengan rata-rata nilai 86,6. Dari hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan canva efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif, terutama dalam mata pelajaran IPAS untuk siswa kelas IV di SDN Sawah Besar 01.

Downloads

Published

2024-05-27

Issue

Section

Articles