Penerapan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan berpikir kritis matematis siswa kelas V SD Muhammadiyah 22 Sruni

Authors

  • Alfika Ardi Ningrum Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Yunus Aris Wibowo Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Widyaningrum Yudi Rahayu SD Muhammadiyah 22 Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i6.22880

Abstract

Untuk menumbuhkan pemikiran kritis matematis siswa, diperlukan motivasi guru. Motivasi guru salah satunya bisa dari penerapan pembelajaran yang kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi seperti wordwall. Masalah yang dialami wali kelas yaitu kesulitan dalam meningkatkan pemahaman dan berpikir kritis siswa ketika mengerjakan soal matematika. Indikator kemampuan berpikir kritis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: 1) Mempertannyakan permasalahan; 2) Menguji kebenaran permasalahan; 3) Menilai (membandingkan hasil dengan kriteria); 4) Membuat kesimpulan dari solusi permasalahan. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan selama 3 bulan di kelas V SD Muhammadiyah 22 Sruni Surakarta yang terdiri dari 32 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media wordwall dapat meningkatkan berpikir kritis siswa kelas V SD Muhammadiyah 22 Sruni Surakarta. Hasil penelitian ini yaitu 1) kemampuan berpikir kritis peserta didik mengalami peningkatan, dengan selisih skor rerata tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik dari Siklus I ke Siklus II sebesar 13,75 poin; 2) Peningkatan yang terjadi pada persentase untuk masing-masing indikator kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I 58% dengan ketegori sedang, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 13% yaitu kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus II sebanyak 71% dengan kategori tinggi.

Downloads

Published

2024-11-30

Issue

Section

Articles