Efektivitas model kooperatif tipe TGT (team game tournament) berbantuan kartu soal terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah Gribig

Authors

  • Nidaul Afidah Universitas Muhammadiyah Kudus
  • Amalia Rahmawati Universitas Muhammadiyah Kudus
  • Septina Rahmawati Universitas Muhammadiyah Kudus
  • Yoga Awalludin Nugraha Universitas Muhammadiyah Kudus
  • Dhina Cahya Rohim Universitas Muhammadiyah Kudus

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i3.22938

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran TGT (Team Game Tournament) berbantuan kartu soal terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV. Hasil belajar matematika peserta didik kelas IV masih tergolong rendah, yang sudah mencapai KKTP ada 13 peserta didik atau 32%, sedangkan peserta didik yang belum mencapai KKTP ada 28 peserta didik atau 68%. Selain itu penggunaan media pembelajaran saat pembelajaran matematika jarang digunakan, begitupun dengan metode pembelajaran yang masih konvensional. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah metode kuantitatif dalam bentuk Quasy Experimental Design (eksperimen semu). Desain yang digunakan dalam penelitian ini Nonrandomized pretest-posttest control group design, dalam penelitian ini terdapat dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil belajar pretest kontrol dan pretest eksperimen memiliki nilai sig 0,05, data tersebut berdistribusi normal. nilai (Sig.) Based on Mean sebesar 0,109 < 0,05 disimpulkan varians data Post-Test eksperimen dan Post-Test kontrol adalah homogen. Adanya pengaruh atau keefektifan yang signifikan sebelum dilakukan pembelajaran TGT dan setelah dilakukan pembelajaran TGT (Team Game Tournament) terhadap hasil belajar matematika kelas IV. Model kooperatif tipe TGT (Team Game Tournament) berbantuan kartu soal memberikan efek yang baik dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Kata kunci: Hasil Belajar, Kartu Soal, TGT

Downloads

Published

2024-05-27

Issue

Section

Articles