Penerapan quizizz dalam bentuk QR-Code pada siswa kelas IV untuk meningkatkan motivasi belajar IPAS

Authors

  • Sabrina Asni Widyastuti Universitas PGRI Semarang
  • Henry Januar Syahputra Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i6.22997

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu karena rendahnya motivasi belajar peserta didik dan pembelajaran IPAS yang masih kurangnya dipahami oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan quizizz dalam bentuk paper mode (QR-Code) untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam pelajaran IPAS materi Gaya dikelas IVA SD Islam Al Madina Semarang pada semester ganjil tahunpelajaran 2023/2024. Penelitian ini berjenis Penelitian Tindakan Kelas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskripstif kuantitaitf dan deskriptif kualitatif. Hasil observasi pada proses pembelajaran di jelaskan bahwa sebagian data kualitatif sedangkan hasil angket dan tes evakuasi peserta didik dibahas sebagai data kuantitatif. Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik kelas IVA SD Islam Al Madina Semarang pada mata pelajaran IPAS materi Gaya. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya rata-rata motivasi belajar peserta didik dengan kondisi awal sebesar 56% termasuk dalam kategori kurang. Pada siklus I meningkat menjadi 73% dalam kategori cukup, sedangkan pada siklus II rata-rata motivasi belajar peserta didik menjadi 79% dalam kategori baik. Hal tersebut juga didukung dengan hasil evaluasi pada siklus I terdapat 18 peserta didik yang tuntas dan meningkat pada siklus II menjadi 26 peserta didik.

Downloads

Published

2024-11-30

Issue

Section

Articles