Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran geoboard pada mata pelajaran matematika di kelas IV sekolah dasar
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v7i4.23001Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa tentang materi bangun datar yang menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika, salah satu penyebabnya adalah penggunaan media dan metode pembelajaran yang kurang bervariasi. Dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa, perlu dilakukan perbaikan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan alat peraga geoboard. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada luas keliling dan luas bangun datar dengan menggunakan media geoboard. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang dilakukan dalam dua kali pertemuan, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di salah satu SDN yang ada di Kota Cimahi yang berjumlah 10 orang. Desain penelitian ini adalah One group Pretest-Posttest Design. Instrumen yang digunakan adalah soal pretest dan posttest yang berjumlah 5 soal. Uji yang dilakukan adalah uji normalitas dan uji t. Hasil belajar siswa dilihat dari nilai rata-rata tes belajar siswa sebelum dan sebelum menggunakan media geoboard yaitu 27 dan 65. Dari hasil analisis yang diperoleh, data yang diperoleh berdistribusi normal dengan hasil uji t diperoleh thitung sebesar 28,502 dengan signifikansi taraf = 5% = 0,05 dan ttabel = 0,45, maka thitung ttabel. Jadi dapat dikatakan H0 ditolak maka dapat dikatakan penggunaan media geoboard meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi bangun datar.
Kata Kunci: Media Geoboard, Matematik, Siswa Sekolah Dasar.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.