Implementasi model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar IPAS pada peserta didik kelas V SDN Tlogosari Kulon 01

Authors

  • Adiar Ismohandoyo UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Arfilia Wijayanti Universitas PGRI Semarang
  • Suyari Suyari SD Negeri Tlogorasi Kulon 01

DOI:

https://doi.org/10.22460/collase.v7i6.23022

Abstract

Problem Based Learning (PBL) merupakan strategi pembelajaran terpusat dimana siswa bersama-sama memecahkan masalah dan merefleksikan pengalamannya, serta berdiskusi untuk memecahkan masalah (Hotimah, 2020). Dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran di sekolah dasar dapat mempengaruhi perkembangan keterampilan yang akan mempengaruhi kualitas penulisan informasi hasil teknologi pangan yang ditulis siswa.

                   Berdasarkan hasil observasi pembelajaran yang telah dilakukan di kelas V SDN Tlogosari Kulon 01, hasil belajar siswa mengalami penurunan yang terlihat pada ulangan harian yang masih dibawah KKM (75). Selain itu diketahui penyebab menurunnya hasil belajar siswa antara lain guru masih sering menggunakan metode konvensional atau ceramah. Hal ini menyebabkan proses pembelajaran menjadi monoton dan siswa menjadi kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran sehingga hasil belajar dan aktivitas siswa menjadi rendah. Berdasarkan uraian yang ada, peneliti ingin melakukan penelitian eksperimen dengan judul “Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Pada Siswa Kelas V SDN Tlogosari Kulon 01.

                   Berdasarkan hasil penelitian Observasi, Pertemuan I, dan Pertemuan II dapat dibuktikan adanya peningkatan hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas V SDN Tlogosari Kulon 01 .

Downloads

Published

2024-11-30

Issue

Section

Articles