Pengembangan media jemuran gembira (jera) pada mata pelajaran PPKn kelas IV di SD Negeri 80 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.22460/collase.v8i2.23780Abstract
Abstrak
Penelitian pengembangan media jemuran gembira bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran PPKn sekolah dasar yang valid dan praktis. Rumusan masalah adalah bagaimana cara mengembangkan media jemuran gembira pada mata pelajaran PPKn kelas IV di SD Negeri 80 Palembang yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan dalam penelitian ini mengacu kepada model ADDIE yang terdiri dari tahap analyze (analisis), tahap design (rancangan), tahap development (pengembangan), tahap implementation (implementasi), dan tahap evaluation (evaluasi). Pengumpulan data menggunakan lembar angket validasi dan lembar angket respon siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis kevalidan yang menggunakan angket validasi media dengan nilai rata- rata kevalidan 96,2% angket validasi ahli materi dengan nilai rata-rata 79,2% dan angket validasi bahasa dengan nilai rata-rata 95,8% dengan hasil sangat layak serta angket respon siswa dengan nilai rata-rata 95% dengan hasil sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media jemuran gembira yang telah dikembangkan oleh peneliti sudah memenuhi kriteria yang valid dan praktis serta layak untuk di uji coba atau digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan, Jemuran Gembira, PPKn.
Abstract
Research into the development of happy clothesline media aims to produce valid and practical primary school PPKn learning media products. This research uses Research and Development methods. The development model in this research refers to the ADDIE model which consists of the analyze stage, design stage, development stage, implementation stage and evaluation stage. Data collection uses validation questionnaire sheets and student response questionnaire sheets. The data analysis technique was carried out using validity analysis using a media validation questionnaire with an average validity value of 96.2%, a material expert validation questionnaire with an average value of 79.2% and a language validation questionnaire with an average value of 95.8% with results very feasible and a student response questionnaire with an average score of 95% with very practical results. Based on the research results, it can be concluded that the happy clothesline media that has been developed by researchers has met valid and practical criteria and is suitable for testing or use as learning media.
Keywords: Development, Happy Clothing, PPKn.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.